KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI TURUNAN BERDASARKAN METODE ANALISIS KESALAHAN NEWMAN PADA SISWA KELAS XII MAN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FITRI, NURUL WAHIDATUL (2019) KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI TURUNAN BERDASARKAN METODE ANALISIS KESALAHAN NEWMAN PADA SISWA KELAS XII MAN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL WAHIDATUL FITRI (E1R014042).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa kelas XII MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 dalam menyelesaikan soal-soal cerita materi turunan berdasarkan metode analisis kesalahan Newman. Kesalahan-kesalahan siswa diketahui melalui analisis terhadap jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita turunan dan melalui wawancara yang telah dilakukan dengan 6 siswa. Subjek penelitian 215 orang dengan sampel penelitian sebanyak 32 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh, bahwa siswa melakukan kesalahan pada semua jenis kesalahan menurut Newman. Kesalahan-kesalahan tersebut adalah kesalahan membaca soal, memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban.Tingkat kesalahan penulisan jawaban yang dilakukan siswa masuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 78%. Untuk kesalahan memahami soal dan transformasi, tingkat kesalahan yang dilakukan masuk dalam kategori sedang dengan persentase berturut-turut sebesar 44% dan 49%. Tingkat kesalahan keterampilan proses berada dalam kategori rendah dengan persentase 29%, dan tingkat kesalahan membaca berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 23%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahaan; Kesalahan berdasarkan metode Newman; Soal cerita turunan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Mar 2019 08:58
Last Modified: 20 Mar 2019 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item