PERANAN POS PENGADUAN DAN PELAYANAN PENYELESAIAN SENGKETA LINGKUNGAN HIDUP DAERAH (P3SLHD) PROVINSI NTB DALAM MENANGANI PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP.

SYAHRUDDIN, JUNI (2011) PERANAN POS PENGADUAN DAN PELAYANAN PENYELESAIAN SENGKETA LINGKUNGAN HIDUP DAERAH (P3SLHD) PROVINSI NTB DALAM MENANGANI PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.RTF
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
JUDUL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)

Abstract

Pertumbuhan perekonomian kini semakin meningkat dengan adanya kemajuan teknologi yang memadai sebagai penunjang namun dibalik itu kita sadari atau tidak dampaknya cukup terasa terutama di bidang lingkungan hidup. Hal ini akan semakin parah apabila tidak mendapatkan perhatian secara serius karena berkembangnya teknologi dengan berbagai bentuk perusahaan akan mendatangkan pula polusi sebagai “produk” sampingan. Kekhawatiran tentang rusaknya atau tercemarnya lingkungan hidup di dasari oleh kesadaran bahwa manusia itu hidup tidak lepas dari lingkungannya. Sebagai pelaksanaan tugas dan wewenang, pemerintah dalam perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup harus dikoordinasikan oleh Menteri terkait sehingga dalam perkembangannya Menteri Negara Lingkungan Hidup mengeluarkan keputusan yaitu, Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 77 Tahun 2003 telah membentuk Lembaga Penyedia Jasa Pelayanan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Diluar Pengadilan (LPJP2SLH). Berdasarkan uraian di atas merupakan alasan yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang penanganan Pos Pengaduan dan pelayanan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Daerah provinsi Nusa Tenggara Barat terhadap permasalahan pencemaran lingkungan yang terjadi di kawasan provinsi Nusa Tenggara Barat, baik mengenai fungsi, tugas dan kewanangannya. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Normatif dan Yuridis Sosiologis, yaitu sebagai berikut : 1. Pendekatan Normatif merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengkaji dan menganalisa peraturan perundang-undangan yang berlaku, Asas-asas umum dan pendapat para sarjana yang relevan dengan permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini. 2. Pendekatan Yuridis Sosiologis, yaitu merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengetahui dan mengkaji permasalahan dilapangan yang terkait langsung dengan sejauhmana peranan Lembaga Pos Pengaduan dan Pelayanan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Daerah (P3SLHD) Provinsi NTB dalam menangani permasalahan lingkungan hidup di Provinsi NTB dan pendekatan yang dapat menjelaskan hubungan antara hukum dengan perilaku sosial, hubungan hukum dengan perubahan sosial dan hubungan hukum antara hukum dengan fakta sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PERANAN PELAYANAN PENYELESAIAN perekonomian
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 20 Mar 2019 08:58
Last Modified: 20 Mar 2019 08:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item