LAKSONO, HARI AGUNG (2013) TANGGUNG JAWAB PIHAK HOTEL TERHADAP KEHILANGAN DAN KERUSAKAN BARANG TITIPAN KONSUMEN (STUDI DI HOTEL THE SANTOSA SENGGIGI). S1 thesis, Universitas Mataram.
![]() |
Text
halaman pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
Pelayananjasapenitipanbaranginibertujuanuntukmenghindariadanyakehilanganbarangterhadapkonsumenataupengunjung. Berdasarkanhaltersebutdi atas, makatujuannya, yaitu;untukmengetahuibentukdanpelaksanaanperjanjianpenitipanbarang di hotel SantosaSenggigidanuntukmengetahuibentuktanggungjawab hotel SantosaSenggigidalampelayananjasapenitipanbarangterhadapkehilangandankerusakanbarangtitipankonsumen. Metodepenelitian yang digunakanadalahpenelitianhukumnormatif-empirisdenganmenggunakanpendekatanperundang-undangan, pendekatankonseptualdanpendekatansosiologis. Sumberdanjenis data yang digunakanadalah data lapangandankepustakaan yang meliputi ;bahanhukum primer, bahanhukumskunderdanbahanhukumtersier. Sedangkanteknikdanalatpengumpulan data menggunakankepustakaandan data lapangandenganmenggunakananalisakualitatif. Penitipandilakukansecaralangsung di manapihaktamumenyerahkanbarang yang akandititipkankepadapihak hotel atausalahsatudarikaryawan Hotel yaitu,dengancaramenyerahkanbarangsecaralangsung, setelahitukaryawan Hotel akanmelaporkanpada Hotel bahwatelahterjadisebuahpenitipan, setelahitupihak Hotel melakukanpencatatandibukukhususpenitipanbarangsebagaibuktibahwatelahadanyapihaktamu yang melakukanpenitipan. penelitian yang dilakukanyaitu,tanggungjawab hotel terhadapkehilangandankerusakanbarangtitipankonsumen, lebihcendrungterjadikarenaadanyasalahsatupihakmelakukanwanprestasiyaitu,adanyakelalaian yang dilakukanolehsalahsatupihakdalamperjanjiantersebut. Tetapiperluditegaskanbahwasalahsatupihakdapatdikatakantelahmelakukankelalaianyaitu,dimanatardapatbuktibahwapihaktersebuttelahlalaidalammelaksanakanprestasinya. KesimpulandarihasilpenelitianadalahPelaksanaanperjanjianpenitipanbarangpada Hotel TheSantosaSenggigiyaitudilakukansecaralangsungterhadappihak hotel, dengancarayaitu,pihakpengunjungsecaralangsungmenyerahkanbarangtitipantersebutpadapihak hotel. Sarannyaadalahpelayananpenitipanbarangdalamhalinikhususnya Hotel TheSantosaSenggigisetidaknyamenyediakantempatkhususuntukpenitipanbarangtamudanmelakukanperjanjianpenitipanbarangsecaratertulisterhadappelayananpenitipanbarang. Selainitujugapihak hotel harustelitidalammelakukanpemeriksaanbarang yang dititipkanpihaktamu, agar tidakterjadikemungkinanbarangtitipantermasukbarang-barangterlarang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | penelitian, Pelayanan, hotel |
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Imran SE |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 06:53 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 06:53 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |