PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN INSPEKTORAT DAERAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur)

ZULHAIDAR, RONI SATRIA (2013) PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN INSPEKTORAT DAERAH TERHADAP PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (RONI SATRIA ZULHAIDAR) D1A 009 194.docx
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh keinginan penyusun untuk mengetahui bidang apa saja yang diperiksa oleh Inspektorat serta apa saja kegiatan yang dilakukan oleh Inspektorat dalam melakukan pengawasan atau pemeriksaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif empirik, penelitian normatif adalah suatu pendekatan yang di dalam membahas permasalahan berpedoman pada literatur dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang akan di teliti, sedangkan penelitian empirik adalah suatu penelitian dengan cara mengkaji dan melihat secara langsung penerapan peraturan perundang-undangan di lapangan. Arti penting pengawasan pada dasarnya diarahkan sepenuhnya untuk menghindari adanya kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai. melalui pengawasan diharapkan dapat membantu pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. Bahkan, melalui pengawasan tercipta suatu aktivitas yang berkaitan erat dengan penentuan atau evaluasi mengenai sejauh mana kerja yang sudah dilaksanakan. Pengawasan juga dapat mendeteksi sejauh mana kebijakan pimpinan dijalankan dan sampai sejauh mana penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan kerja tersebut. Hasil peelitian ini menunjukan bahwa, bidang-bidang yang diperiksa oleh inspektorat yaitu bidang keuangan, bidang kepegawaian, bidang pengelolaan asset dan pengadaan barang dan jasa, dan bidang tupoksi (tugas pokok dan fungsi), serta tindakan yang dilakukan oleh inspektorat apabila ada temuan dari hasil pemeriksaan ataupun pengawasan yang dilakukan oleh team pengawas terhadap obyek yang diperiksa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penelitian, empirik, Inspektorat
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:33
Last Modified: 22 Mar 2019 07:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13016

Actions (login required)

View Item View Item