MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BULLETIN BOARD PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 41 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DAMAYANTI, PUTRI SURYA (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BULLETIN BOARD PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 41 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksiyang terdiri atas dua siklus. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan media bulletin board. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN 41 Ampenan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penggunaan media bulletin baord. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal 76% dengan nilai rata-rata kelas 76,18. Hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh total skor34 berkategori kurang aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88% dengan nilai rata-rata kelas 88,33. Hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh total skor 61 berkategori sangat aktif. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan yang ingin dicapai yakni 85% siswa mendapat nilai minimal 71 pada tes evaluasi dan aktivitas siswa sudah mencapai indikator yang diharapkan sudah terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bulletin board dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 41 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Bulletin Board, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:21
Last Modified: 05 Feb 2018 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item