HUBUNGAN KADAR KREATININ DARAH DENGAN SKOR GENSINI ARTERI KORONER PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI RSUD KOTA MATARAM.

Afif, Tri Waliyuddin (2019) HUBUNGAN KADAR KREATININ DARAH DENGAN SKOR GENSINI ARTERI KORONER PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI RSUD KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia setiap tahunnya. Penyakit jantung utama adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner (PJK) terjadi akibat adanya aterosklerosis. Aterosklerosis dipengaruhi oleh multifaktor, salah satunya adalah kadar kreatinin sehingga dapat meningkatkan derajat keparan PJK. Derajat keparahan dari PJK dapat dihitung dengan metode skoring, yaitu skor gensini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kadar Kreatinin darah dengan skor gensini pada pasien penyakit jantung koroner di RSUD Kota Mataram. Metode: penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode potong lintang (cross sectional) yang berlangsung dari bulan Agustus hingga November. Sebanyak 75 pasien PJK di RSUD Kota Mataram berpartisipasi dalam penelitian ini. Variabel utama yang diteliti adalah kadar kreatinin darah dan skor gensini. Uji Spearman digunakan untuk menilai hubungan antara kadar kreatinin darah dan skor gensini. Nilai p<0,05 menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil: Sebagian besar subjek pada penelitian ini berjenis kelamin laki-laki dengan jumlah 58 orang, Pada laki-laki, didapatkan sebanyak 14 orang memiliki kadar kreatinin tinggi. Pada kriteria skor gensini dengan kadar kreatinin yang tinggi terdapat 9 orang berdasarkan PJK Berat, sedangkan 8 orang mimiliki PJK Ringan dengan total keseluruhan terdapat 17 orang. Dari hasil keseluruhan tersebut bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar kreatinin darah dengan skor gensini pada pasien PJK di RSUD Kota Mataram (r= -0,51, p= 0,667) Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikant antara Kadar Kreatinin Darah dengan Skor Gensini pada pasien penyakit jantung koroner (PJK) di RSUD Kota Mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penyakit Jantung Koroner, Kadar Kreatinin Darah, Skor Gensini, Aterosklerosis.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:36
Last Modified: 26 Mar 2019 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item