INVENTARISASI, KARAKTERISASI DAN UJI PREFERENSI PANELIS TERHADAP PLASMA NUTFAH PERTANAMAN UBI JALAR (Ipomoea batatas Poir.) DI PULAU LOMBOK

Darma, Anak Agung Bagus (2019) INVENTARISASI, KARAKTERISASI DAN UJI PREFERENSI PANELIS TERHADAP PLASMA NUTFAH PERTANAMAN UBI JALAR (Ipomoea batatas Poir.) DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keberadaan plasma nutfah ubi jalar yang diusahkan pada kegiatan pertanaman di Pulau Lombok, 2) Mengetahui karakter dari plasma nutfah pertanaman ubi jalar di Pulau Lombok, dan 3) Mengidentifikasi sifat-sifat fenotif dan sensori dari panelis terhadap ubi jalar yang ditanam di Pulau Lombok. Pada penelitian ini menggunakan metode desktiptif. inventarisasi dilakukan dengan metode eksplorasi, analisis dari karakterisasi menggunakan analisis kluster yang selanjutnya ditampilkan dalam bentuk fenogram. Untuk memproleh data pada uji preferensi panelis dilakukan uji organoleptik terhadap 20 orang panelis tidak terlatih dari masing-masing suku mayoritas di Pulau Lombok yaitu Suku Sasak, Suku Bali, Suku Mbojo, Suku Samawa dan Suku Jawa. Pengujian organoleptik dilakukan menggunakan angket uji hedonik, kemudian dianalisis menggunakan desktiptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Berdasarkan hasil eksplorasi pada 4 Kabupaten sentra produksi ubi jalar di Pulau Lombok diperoleh 17 aksesi tanaman ubi jalar yang tersebar di Pulau Lombok; 2). Aksesi yang ditemukan terdiri dari aksesi ubi jalar Beduk KLU, Madu KLU, Ungu 04 KLU, Orange Lobar, Putih Lobar, Ungu 01 Lobar, Ungu 02 Lobar, Ungu 03 Lobar, Hias Loteng, Kuning Loteng, Putih Loteng, Ungu 01 Loteng, Ungu 02 Loteng, Madu Lotim, Sokan Lotim, Ungu 05 Lotim, danUngu 06 Lotim; 3). Penyebab dari perbedaan pada karakteristik aksesi yang diamati adalah faktor genetik yang ditunjang kondisi lingkungan tumbuh yang berbeda; 4). Berdasarkan informasi dari kolom komentar angket uji organoleptik diketahui sebagaian besar masyarakat atau panelis lebih menyukai umbi kukus yang beraroma tidak terlalu kuat, umbi kukus yang memilki warna yang cerah, umbi yang berbentuk oval dan berukuran tanggung, umbi kukus yang berserat halus, tekstur umbi kukus yang tidak memiliki kandungan air yang tinggi sehingga memudahkan panelis dalam menikmati umbi kukus; 5). Aksesi Ubi Jalar yang perlu dikembangkan di Pulau Lombok adalah aksesi ubi jalar beduk KLU, orange Lobar, madu KLU dan sokan Lotim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inventarisasi, Karakterisasi, Preferensi, Ubi Jalar.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:36
Last Modified: 26 Mar 2019 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13052

Actions (login required)

View Item View Item