KAJIAN TERHADAP SISTEM ASURANSI KESEHATAN KOMERSIAL DAN SISTEM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM KERJA SAMA PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

TIMUR, BAIQ PUPUS SANDRA (2015) KAJIAN TERHADAP SISTEM ASURANSI KESEHATAN KOMERSIAL DAN SISTEM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM KERJA SAMA PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COPER SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Kajian terhadap sistem Asuransi Kesehatan Komersial dan BPJS Kesehatan dalam kerja sama pelayanan kesehatan masyarakat. Permasalahan yang diangkat adalah pengaturan sistem Asuransi Kesehatan Komersial dan BPJS Kesehatan dalam pelayanan kesehatan masyarakat, bentuk kerja sama yang dijalankan oleh Asuransi Kesehatan Komersial dan BPJS Kesehatan, dan bentuk tanggung jawab para pihak dalam kerja sama pelayanan kesehatan masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaturan sistem pelayanan kesehatan oleh Asuransi Kesehatan Komersial dan BPJS Kesehatan, untuk mengetahui bentuk kerja sama yang dijalankan oleh Asuransi Kesehatan Komersial dan BPJS Kesehatan, serta untuk mengetahui bentuk tanggung jawab para pihak dalam kerja sama pelayanan kesehatan masyarakat. Manfaat yang ingin diberikan adalah berupa manfaat akademis, teoritis dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Pengaturan sistem pelayanan kesehatan oleh kedua lembaga pada dasarnya berbeda, dimana Asuransi Kesehatan Komersial didasarkan kesepakatan yang tertuang dalam Polis, sedangkan BPJS Kesehatan diatur berdasarkan undang-undang. Bentuk kerja sama yang dilakukan, berupa kerja sama manfaat atau COB. Tanggung jawab yang diberikan para pihak dalam kerja sama tersebut berbeda, dimana Asuransi Kesehatan hanya bertanggung jawab memberikan manfaat tambahan, sedangkan BPJS Kesehatan bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan berjenjang sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerja sama antara Asuransi Kesehatan Komersial dan BPJS Kesehatan
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:36
Last Modified: 26 Mar 2019 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13065

Actions (login required)

View Item View Item