RISATAYANTI, RISATAYANTI (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BAYAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
Skripsi - Risatayanti - E1A012039 - Pendidikan Biologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Bayan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah: peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Bayan. Sampel kelas dipilih dengan random sampling sehingga didapatkan kelas X2 sebagai kelas kontrol dan X3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf 0.05 dengan bantuan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning berbeda dengan yang tidak diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar peserta didik (thitung10,93>ttabel2,02).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model PembelajaranProblem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 03:20 |
Last Modified: | 05 Feb 2018 03:20 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
View Item |