KAJIAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN KECIL (Studi Kasus di Dusun Awang Balak Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah )

FITRIANI, ELI (2019) KAJIAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN KECIL (Studi Kasus di Dusun Awang Balak Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui besarnya pendapatan rumahtangga nelayan di Dusun Awang Balak Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah; (2) Mengetahui besarnya pengeluaran rumah tangga nelayan di Dusun Awang Balak Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah; (3) Mengetahui tingkat ketahanan pangan rumah tangga nelayan di Dusun Awang Balak Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah; (4) Mengetahui kendala yang dihadapi nelayan dalam melaksanakan kegiatannya sebagai nelayan di Dusun Awang Balak Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei. Unit analisis adalah rumah tangga nelayan di Dusun Awang Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini akan dilaksanakan di Dusun Awang Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah. Dusun Awang Balak dipilih secara “Purposive Sampling” dengan pertimbangan Dusun Tersebut sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Jumlah responden ditentukan secara “Quota Sampling”, yaitu sebanyak 57 orang responden. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang dianalisis secara kulaitatif dan kuantitaif. Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui kendala pada nelayan dan kuantitatif digunakan untuk mengetahui seberapa besar pendapatan rumah tangga nelayan, pengeluaran rumah tangga nelayan dan tingkat ketahanan pangan rumah tangga nelayan. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Pendapatan rumah tangga nelayan dari pendapatan On fishing, Off fishing, dan Non fishing sebesar 3,164,980 (2) Pengeluaran rumah tangga nelayan dari pengeluaran pangan dan pengeluaran non pangan sebesar 2,305,965 (3) Tingkat ketahanan pangan rumah tangga nelayan terdidi dari tahan pangan sebesar 31 dan kurang tahan pangan sebesar 2 (4) Kendala terbanyak yang dikeluhkan nelayan responden adalah cuaca sebanyak 57 nelayan responden dan hambatan ekonomi sebanyak 10 nelayan responden. Saran: (1) Dalam upaya peningkatan kesejahteraan nelayan, pemerintah ataupun instansi terkait diharapkan memberikan kebijakan berupa penyelenggaraan program yang berkaitan dengan pemberdayaan maupun pembinaan masyarakat nelayan, agar masyarakat nelayan mampu memanfaaatkan potensi masing-masing untuk tumbuh dan berkembang dengan berbagai upaya, baik dalam bentuk keterampilan maupun pengembangan usaha yang memanfaatkan kekayaan laut untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan; (2) Diharapkan kepada nelayan untuk lebih bisa memanajemen usaha nelayan dengan mengurangi pengeluaran rumah tangga yang terkadang berlebihan,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pangan, Kajian Ketahanan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:33
Last Modified: 26 Mar 2019 03:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item