TINJAUAN YURIDIS TERHADAP AHLI WARIS YANG TIDAK BERHAK MENERIMA HARTA WARISAN DITINJAU MENURUT PASAL 173 KHI DAN PASAL 838 KUHPERDATA (Studi Komparatif)

Warniati, Nindy (2015) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP AHLI WARIS YANG TIDAK BERHAK MENERIMA HARTA WARISAN DITINJAU MENURUT PASAL 173 KHI DAN PASAL 838 KUHPERDATA (Studi Komparatif). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nindy Warniati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang ahli waris yang tidak berhak menerima warisan dengan menggunakan metode analisis kualitatif komparatif . Adapun ahli waris yang berhak mendapatkan warisan menurut KHI (Kompilasi Hukum Islam) sebagaimana diatur dalam pasal 174 ayat (1) yaitu: a) Menurut hubungan darah, b) Menurut hubungan perkawinan terdiri dari : (duda atau janda). Sedangkan menurut KUHPerdata a) ditentukan oleh Undang – undang yaitu. b) ahli waris menurut wasiat (testament). Sedangkan ahli waris yang tidak berhak menerima warisan menurut KHI (Kompilasi Hukum Islam) disebabkan karena Pindah agama, perbudakan, berbeda agama, pembunuhan dan tidak tentu kematiannya. menurut KUHPerdata disebutkan bahwa ahli waris yang tidak berhak menerima warisan disebabkan karena membunuh, atau mencoba membunuh orang yang akan mewarisi. Jadi kesimpulannya bahwa ahli waris yang berhak dan tidak berhak menerima warisan ini sudah jelas di atur didalam Kompilasi Hukum Islam ( KHI) dan Kitab Undang – undang Hukum Perdata (KUHPerdata)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hak waris
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 26 Mar 2019 05:35
Last Modified: 26 Mar 2019 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13122

Actions (login required)

View Item View Item