IMPLEMENTASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DITINJAU DARI UU NO 14 TAHUN 2008 (STUDI KASUS UNIVERSITAS MATARAM

(Jumaidi), (Jumaidi) (2016) IMPLEMENTASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DITINJAU DARI UU NO 14 TAHUN 2008 (STUDI KASUS UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
cover.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
bagian depan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)

Abstract

Pasca ditetapkannya Undang-Undang No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik telah menunjukkan arah reformasi birokrasi kita ke arah pemerintahan yang transparan dan partisifatif. Sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Universitas Mataram sudah menerapkan Keterbukaan Informasi Publik dalam mewujudkan Good governance, serta kendala-kendala, dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan Keterbukaan Informasi Publik? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Dan Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Undang-undang, Konseptual, sosiologis, dan pendekatan kasus. Universitas Mataram sampai saat ini belum menerapkan keterbukaan informasi, hal itu ditandai dengan tidak dilaksanakannya kewajiban Unram dalam pelayanan informasi publik, meskipun sudah menunjuk PPID, namun PPID tidak memberikan Layanan Informasi Publik kepada masyarakat. Tidak adanya layanan informasi publik tersebut berdampak pada banyaknya kasus mahasiswa yang tidak dapat mengakses Informasi Publik ketika mengajukan permohonan informasi publik di Unram. Kendala yang ditemukan adalah menejmen yang kurang baik, ketidak-taatan aparatur, keterbukaan, kurang dukungan pimpinan. Dan upaya yang dilakukakan adalah menyusun POB, berkoordinasi, dan PPID meminta sarana pada atasan PPID.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterbukaan, Informasi Publik, Good Governance.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:11
Last Modified: 27 Mar 2019 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13134

Actions (login required)

View Item View Item