TINJAUAN YURIDIS TENTANG KLAUSULA EKSONERASI PADA JUAL BELI SEPEDA MOTOR SECARA ANGSURAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

SYAMSUDIN, SYAMSUDIN (2016) TINJAUAN YURIDIS TENTANG KLAUSULA EKSONERASI PADA JUAL BELI SEPEDA MOTOR SECARA ANGSURAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAMPIRAN (Autosaved).docx
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
SKRIPSI. new.docx
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perlindungan hukum konsumen tentang klausula eksonerasi pada jual beli sepeda motor secara angsuran berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha dan konsumen.Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, dengan metode pendekatan Perundang-undangan, pendekatan konseptual. Hasil penelitian bahwa didalam perjanjian jual beli sepeda motor secara angsuran tidak dapat memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen karena masih terdapat beberapa klausula-klausula yang menyatakan pengalihan tanggungjawab (klausula eksonerasi) oleh pelaku usaha kepada konsumen terhadap apa yang seharusnya dipikul oleh pelaku usaha sebab klausula-klausula yang terdapat dalam perjanjian jual beli sepeda motor secara angsuran bertentangan dengan pasal 18 Undang-Undang Perlindungan Konsumen, maka klausula tersebut batal demi hukum dan pelaku usaha harus melakukan penyesuaian isi perjanjian tersebut dengan prinsip-prinsip dalam UUPK. Adapun tanggung jawab para pihak diantaranya tanggung jawab pelaku usaha adalah memberikan ganti kerugian atas keruskan pencemaran dan/atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan. Sedangkan tanggung jawab konsumen adalah memelihara, merawat barang dan/atau jasa yang telah diterima serta membayar harga barang sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan dalam perjanjian jual beli sepeda motor secara angsuran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Klausula Eksonerasi, Jual Beli, Angsuran, Konsumen.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:11
Last Modified: 27 Mar 2019 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item View Item