pKECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PAKAN KUDA PENARIK CIDOMODI KOTA MATARAM

PUTRI RAMADANI, PUTRI RAMADANI (2019) pKECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PAKAN KUDA PENARIK CIDOMODI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecernaan bahan kering (BK) dan bahan organik (BO) pakan kuda penarik cidomo di kota Mataram. Dilakukan pada lima pasar sebagai sampel untuk tempat penelitian. Setiap pasar di ambil tiga kuda penarik cidomo.Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel adalah Stratified Random Sampling. Wawancaradengan menggunakan kuisioner.Dalam penelitian ini sampel pakan kuda dan sampel feses yang sudah dikeringkan dan digiling, di analisis bahan kering (BK) dan bahan organik (BO) di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Mataram.Variable yang diamati adalah jenis dan jumlah pakan yang diberikan, bahan kering (BK) dan bahan organic(BO).Data hasil penelitian di analisis menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung nilai rata-rata (Mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata kecernaan bahan kering ransum yang dikonsumsi 83,94% dan rata-rata bahan organik ransum yang dikonsumsi 84,93%.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemberian pakan kuda penarik cidomo di Kota Mataram tidak berbeda dengan kebutuhan pakan kuda di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecernaan bahan kering (BK) dan bahan organik (BO) pakan kuda penarik cidomo di kota Mataram. Dilakukan pada lima pasar sebagai sampel untuk tempat penelitian. Setiap pasar di ambil tiga kuda penarik cidomo.Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel adalah Stratified Random Sampling. Wawancaradengan menggunakan kuisioner.Dalam penelitian ini sampel pakan kuda dan sampel feses yang sudah dikeringkan dan digiling, di analisis bahan kering (BK) dan bahan organik (BO) di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Mataram.Variable yang diamati adalah jenis dan jumlah pakan yang diberikan, bahan kering (BK) dan bahan organic(BO).Data hasil penelitian di analisis menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung nilai rata-rata (Mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata kecernaan bahan kering ransum yang dikonsumsi 83,94% dan rata-rata bahan organik ransum yang dikonsumsi 84,93%.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemberian pakan kuda penarik cidomo di Kota Mataram tidak berbeda dengan kebutuhan pakan kuda di Indonesia.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:11
Last Modified: 27 Mar 2019 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item View Item