KEMAJUAN SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN HINGGA SIKLUS KETUJUH PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) HASIL RAKITAN KULTIVAR LOKAL DI LAHAN KERING

Fajrin, Moh. (2019) KEMAJUAN SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN HINGGA SIKLUS KETUJUH PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) HASIL RAKITAN KULTIVAR LOKAL DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
B. SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemajuan seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan hingga siklus ketujuh untuk daya hasil dan berat berangkasan segar pada tanaman jagung (Zea mays L.) hasil rakitan kultivar lokal dilahan kering, mengetahui rata-rata daya hasil dan berat berangkasan segar pada siklus ketujuh dibanding dengan populasi awal dan varietas unggul gumarang dan mengetahui nilai heritabilitas seluruh sifat yang diamati. Percobaan dilakukan dari bulan Juli hingga Oktober 2018 dilahan pertanian Desa Gumantar Dusun Amor-amor, Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 9 perlakuan yaitu C0 (Populasi awal), C1-C7, C8 (Varietas Gumarang). Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 27 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemajuan seleksi hingga siklus ke tujuh untuk daya hasil dan berangkasan segar bersifat linier yang nyata (Mengalami kemajuan yang nyata), berturut-turut dengan nilai untuk daya hasil 1,20 g/tan dan berat berangkasan segar 7,82 g/tan. Rata-rata daya hasil dan berat berangkasan segar populasi hasil seleksi siklus ketujuh lebih tinggi dibandingkan dengan populasi awal (C0) dan varietas unggul Gumarang. Sifat yang sebagian besar dikendalikan faktor genetik diperoleh pada jumlah daun segar per tanaman, berat berangkasan segar per tanaman, berat biji kering pipil per tanaman, berat tongkol kering panen per tanaman dan berat 1000 biji; sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan genetik sama besar diperoleh pada jumlah daun per tanaman, umur panen dan diameter tongkol; sifat yang sebagian besar dikendalikan faktor lingkungan diperoleh pada umur keluar malai dan umur keluar rambut tongkol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tanaman, petani, jagung
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:10
Last Modified: 27 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13158

Actions (login required)

View Item View Item