EKSISTENSI PERJANJIAN GADAI TANAH PERTANIAN YANG MELEBIHI JANGKA WAKTU GADAI (Studi di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur)

HIDAYAT, M. APRIANDI (2016) EKSISTENSI PERJANJIAN GADAI TANAH PERTANIAN YANG MELEBIHI JANGKA WAKTU GADAI (Studi di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
M. APRIANDI HIDAYAT.docx
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan gadai tanah pertanian di Kecamatan Sakra Barat dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan pelaksanaan perjanjian gadai tanah pertanian yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 56 Prp Tahun 1960 sulit dilaksanakan di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian Bahwa pelaksanaan gadai tanah pertanian di Kecamatan Sakra Barat masih menggunakan hukum adat disebabkan adanya rasa saling percaya antara para pihak dan dilakukan dengan lisan secara kekeluargaan. Dan penyebab utama masyarakat di Kecamatan Sakra Barat melakukan gadai tanah pertanian adalah karena kebutuhan ekonomi. Dan faktor yang menyebabkan pelaksanaan gadai tanah pertanian yang di atur dalam Undang-undang sulit dilaksanakan karan ketidaktahuan masyarakat tentang undang-undang yang mengatur serta kurangnya sosialisai yang seharusnya dilakukan oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gadai tanah pertanian , jangka waktu.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:00
Last Modified: 27 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item