PENGARUH PENGGUNAA MODEL PEMBELAJARAN SEMINAR SOCRATES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

KURNIAWATI, BAIQ (2017) PENGARUH PENGGUNAA MODEL PEMBELAJARAN SEMINAR SOCRATES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ KURNIAWATI (E1B 112 010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran seminar Socrates terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa MTsN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan menggunakan desain The Static Group Comparison Design. Sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 80,675 pada kelas eksperimen dan 61,5 pada kelas kontrol. Hasil penelitian nilai ݐ௛௜௧௨௡௚ (7,4137) > ݐ௧௔௕௘௟(1,6473) pada taraf signifikan 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran seminar Socrates terhadap hasil belajar PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Seminar Socrates, hasil belajar PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:16
Last Modified: 05 Feb 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item