PENGAWASAN TERHADAP IZIN USAHA PERDAGANGAN MINUMAN BERALKOHOL TRADISIONAL DITINJAU DARI PERDA KOTA MATARAM NO. 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN MINUMAN BERALKOHOL ( Studi di Kota Mataram

HAFIZ, ABDUL (2017) PENGAWASAN TERHADAP IZIN USAHA PERDAGANGAN MINUMAN BERALKOHOL TRADISIONAL DITINJAU DARI PERDA KOTA MATARAM NO. 2 TAHUN 2015 TENTANG PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN MINUMAN BERALKOHOL ( Studi di Kota Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABDUL HAFIZ D1A113001.docx
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab terjadinya pelanggaran terhadap Perda, pelaksanaan pengawasan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengawasan terhadap perdagangan minuman beralkohol tradisional diKota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan sosiologis. Jenis data adalah data primer, sekunder dan tersier, pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan dan daftar pertanyaan sedangkan analisis data menggunakan analisa kualitatif. Adapun pelanggaran disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor pengawasan yang lemah, faktor ekonomi, faktor kebiasaan masyarakat dan faktor keuntungan. Pelaksanaan pengawasan dengan melaksanakan patroli, teguran, himbauan, dan sosialisasi. Kendala yang dihadapi yaitu produsen minuman beralkohol tradisional/tuak berada diKecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat namun konsumennya warga Kota Mataram. Sehingga disarankan pemerintah hendaknya mengambil sikap/pendekatan secara persuasif agar tidak terjadi gejolak sosial dan lebih intensif mensosialisasikan Perda tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengawasan, Minuman Beralkohol, Tradisional.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:31
Last Modified: 27 Mar 2019 04:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13198

Actions (login required)

View Item View Item