Studi Komparatif Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dengan Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) Di Kabupaten Lombok Barat

FEBRIANTI, DWI (2017) Studi Komparatif Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dengan Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) Di Kabupaten Lombok Barat. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
D1A114063.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan perbedaan mendasar serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendaftaran tanah, melalui PTSL dan PRONA. Jenis penelitian yang digunakan adalah normatif empiris. Berdasarkan hasil penelitian perbedaan mendasar dari PTSL dan PRONA dapat dilihat dari penetapan dan kriteria lokasi, sasaran pelaksanaan (subyek dan obyek), proses pelaksanaan dalam hal pengumpulan data yuridis, pemeriksaan tanah, pengumuman, dan penandatanganan sertipikat. Sedangkan dilihat dari perbandingan pelaksanaan antara kedua program tersebut mempunyai prosedur pelaksanaan yang sama. Mulai dari persiapan, penetapan lokasi, pembentukan panitia, penyuluhan, pengumpulan data yuridis, pengukuran, pemeriksaan tanah, pengumuman, penerbitan sertipikat dan pelaporan. Dalam pelaksanaannya tidak pula menemukan hambatan-hambatan yang berarti dengan respon masyarakat yang sangat antusias.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): “Pendaftaran tanah”, “PTSL”, “PRONA”
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:30
Last Modified: 27 Mar 2019 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13201

Actions (login required)

View Item View Item