PIDANA MATI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN DALAM HUKUM PIDANA INDONESIA

DAYANLI, HAPIZAH (2017) PIDANA MATI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN DALAM HUKUM PIDANA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HAFIZAH DAYANLI D1A009269.docx
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Alasan pengambilan judul ini mengingat pidana mati merupakan suatu hal yang sangat penting jika ditinjau dari sisi kemanusiaan, karena ini menyangkut hidup dan mati seseorang. Lahirnya pidana mati sebagai ujung tombak bagi penerapan pidana, tidak justru memberikan keluasan bagi setiap pihak untuk menjatuhkan pidana ini, melainkan sebagai tolok ukur bagi para pihak. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana penjatuhan pidana mati dalam persfektif hukum Islam yang kemudian dibatasi olehhukum pidana Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penjatuhan pidana mati di indonesia dan perbandingannya dalam hukum pidana islam.yang sekaligus memberikan manfaat bagi penyusun untuk mrngetahui bagaimana perbandingan antara keduanya. Metode penelitian ini adalah penelitian normatif dimana metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan kepustakaan. Dengan menganalisis bahan hukum yang bersumber dari buku-buku, undang-undang maupun bahan lain seperti interner atau majalah serta koran. Dewasa ini permasalahan pidana mati memang selalu menjadi perdebatan yang sangat menarik baik itu dikalangan para ahli hukum ataupun dalam kalangan masyarakat. Dalam undang-undang hukum Islam sendiri yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Hadist membenarkan adanya pidana mati. Di Indonesia sendiri sejak hukum pidana berlaku tujuan di laksanakannya hukuman mati ini supaya masyarakat memperhatikan bahwa pemerintah memperhatikan bahwa pemerintah tidak menghendaki adanya gangguan terhadap ketentraman masyarakat pada umumnya. Dengan suatu putusan hukuman mati bagi pelaku tindak pidana pembunuhan dan kejahatan lain yang diancam dengan hukuman sama, diharapkan masyarakat menjadi takut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pidana pembunuhan dan kejahatan lain yang diancam dengan hukuman sama, diharapkan masyarakat menjadi takut.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:30
Last Modified: 27 Mar 2019 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13204

Actions (login required)

View Item View Item