STATUS DAN HAK WARIS ANAK ASTRA DALAM HUKUM ADAT BALI DI LOMBOK SETELAH PUTUSAN MK NO.46/PUU-VIII/2010 TENTANG UJI MATERIL TERHADAP PASAL 2 AYAT (2) DAN PASAL 43 AYAT (1) UU NO 1 TAHUN 1974

Adityabrata, Crisna (2016) STATUS DAN HAK WARIS ANAK ASTRA DALAM HUKUM ADAT BALI DI LOMBOK SETELAH PUTUSAN MK NO.46/PUU-VIII/2010 TENTANG UJI MATERIL TERHADAP PASAL 2 AYAT (2) DAN PASAL 43 AYAT (1) UU NO 1 TAHUN 1974. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CRISNA ADITYABRATA D1A112052.docx
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status anak astra dan mengetahui pertimbangan hakim mengenai hak waris anak astra dalam hukum adat bali di Lombok setelah Putusan MK No.46/PUU-VIII/2010. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum yuridis sosiologis (empiris). Hasil penelitian ini adalah apabila kedua orang tua dari anak astra melakukan perkawinan yang sah menurut agam dan melakukan upacara widhi widana dan anak astra tersebut juga dilakukan upacara prayascita (pembersihan/penyucian kembali), maka status anak tersebut menjadi anak sah (tigahan), dan sejalan dengan Putusan MK No.46/PUU-VIII/2010 yang menyatakan anak luar kawin selain memiliki hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya juga memiliki hubungan perdata dengan laki-laki sebagai ayahnya apabila dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah, termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayahnya. Serta pertimbangan hakim Mk tentang Putusan tersebut menekankan rasa keadilan yang seharusanya didapat anak luar kawin atau astra tersebut karena si anak tersebut sama sekali tidak bersalah dalam hal tersebut dan anak tersebut harus mendapat perlindungan dan status yang jelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak Astra, Adat Bali di Lombok
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:25
Last Modified: 28 Mar 2019 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item