HUBUNGAN KADAR ASAM URAT SERUM DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN DENGAN HIPERURISEMIA DI POLI PENYAKIT DALAM RSU PROVINSI NTB

Yuanita, Savitri (2010) HUBUNGAN KADAR ASAM URAT SERUM DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN DENGAN HIPERURISEMIA DI POLI PENYAKIT DALAM RSU PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
cover.docx
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK&Abstrac.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
KUESIO1 tanpa RM.doc
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
KTI SEMUA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN PROSEDUR PX ASAM URAT.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Latar Belakang: Asam urat telah diidentifikasi lebih dari 2 abad yang lalu, namun beberapa aspek patofisiologi dari hiperurisemia tetap belum dipahami dengan baik. Beberapa data epidemiologi menunjukkan bahwa hiperurisemia merupakan faktor resiko yang penting bagi penyakit kardiovaskuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar asam urat serum dengan tekanan darah pada pasien dengan hiperurisemia di Poli Penyakit dalam RSUP NTB. Metode penelitian: Rancangan penelitian cross-sectional, responden didapatkan dengan menggunakan consecutive sampling. Subyek penelitian adalah pasien dengan hiperurisemia yang berobat rawat jalan di Poli Penyakit Dalam RSU Provinsi NTB. Analisis korelasi Pearson untuk menentukan hubungan kadar asam urat serum dengan tekanan darah. Hasil: didapatkan 15 orang subyek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan di luar kriteria ekslusi. Subyek laki-laki sebanyak 3 orang (20%), dan subyek perempuan sebanyak 12 orang (80%). Sebagian besar pasien berada pada rentang usia 41-50 tahun (40%) dan di atas 60 tahun (40%). Sebanyak 53,3% subyek memiliki indeks massa tubuh normal, sebanyak 46,7% dengan indeks massa tubuh overweight. Sesuai klasifikasi JNC VII, didapatkan 46,7% pasien hiperurisemia memiliki tekanan sistolik pada hipertensi stadium I, dan sebanyak 13,3% pasien dengan tekanan sistolik normal. Sebanyak 33,3% pasien memiliki tekanan diastolik pada hipertensi stadium I dan sebanyak 33,3% pasien pada hipertensi stadium II. Sebanyak 6,7% dengan tekanan diastolik normal. Terdapat hubungan yang bermakna antara kadar asam urat serum dengan tekanan darah sistolik dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,576 dengan nilai (p) 0,025, dengan tekanan diastolik didapatkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,536 dengan nilai (p) 0,039. Kesimpulan: terdapat hubungan yang yang bermakna antara kadar asam urat serum dengan tekanan darah, kekuatan hubungan sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asam Urat, Tekanan Darah, Hiperurisemia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:25
Last Modified: 28 Mar 2019 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13225

Actions (login required)

View Item View Item