PENGARUH FAKTOR BUDAYA LOKAL SUKU SASAK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI LOMBOK (Studi Perbandingan antara SMAN 2 Pujut dan SMAN 3 Mataram)

AYU, SRI MARLINA (2010) PENGARUH FAKTOR BUDAYA LOKAL SUKU SASAK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI LOMBOK (Studi Perbandingan antara SMAN 2 Pujut dan SMAN 3 Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
copy ke CD.docx
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Latar Belakang Masalah Dan Tujuan : Laporan kesehatan yang dikeluarkan oleh Tobacco Surveillance And Evaluation Program (2008) menyatakan bahwa terdapat keterkaitan antara perilaku rokok dengan faktor budaya. Penelitian lain juga menyatakan bahwa tingginya angka penggunaan rokok pada kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor budaya lokal dengan perilaku merokok pada siswa SMAN 2 Pujut dan SMAN 3 Mataram sebagai salah satu sekolah yang ada di pulau Lombok. Metode Dan Subjek Penelitian : Desain penelitian observational analitik dengan rancangan penelitian cross sectional dengan sampel berjumlah 160 orang subjek adalah siswa kelas X dan XI pada SMAN 2 Pujut (80 orang) dan SMAN 3 Mataram (80 orang). Hasil Penelitian: Dari hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-square memperlihatkan adanya hubungan signifikan antara faktor budaya lokal dengan perilaku merokok. Hal tersebut diperlihatkan pada kedua sekolah, karena menghasilkan nilai p < 0.05, yakni pada SMAN 2 Pujut (p=0.000) sedangkan pada SMAN 3 Mataram (p=0,002). Kekuatan hubungan antara kedua varibel adalah sedang pada SMAN 2 Pujut (koefisien kontingensi = 0,475) sedangkan pada SMAN 3 Mataram adalah tidak erat (koefisien kontingensi = 0,372). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara faktor budaya lokal dengan perilaku merokok pada remaja di Lombok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Faktor budaya lokal, perilaku merokok, siswa SMA.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:06
Last Modified: 28 Mar 2019 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item