PERBANDINGAN STATUS GIZI BAYI YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DENGAN BAYI YANG TIDAK MENDAPATKAN ASI EKSKLUSIF DI KOTA MATARAM

T A H Y A N, T A H Y A N (2010) PERBANDINGAN STATUS GIZI BAYI YANG MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DENGAN BAYI YANG TIDAK MENDAPATKAN ASI EKSKLUSIF DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
cover.doc
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
hal daftar new.doc
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
KTI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Latar Belakang Masalah, Tujuan dan Manfaat Menurut data WHO tahun 2006 lebih dari sepertiga kematian balita disebabkan oleh kekurangan gizi. Beberapa penelitian melaporkan bahwa bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif akan mengalami pertumbuhan terhambat (stunted), berat badan rendah serta menderita penyakit. Data WHO tahun 2006 menunjukan bayi di Indonesia yang mendapat ASI eksklusif hanya 40 %. Kota Mataram sendiri persentase kumulatif ASI eksklusif sebesar 56,87 %. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan status gizi bayi yang mendapat ASI eksklusif dan bayi tidak mendapat ASI eksklusif di Kota Mataram. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar dalam upaya peningkatkan program ASI eksklusif dan perbaikan status gizi bayi. Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan secara cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 bayi, 37 bayi yang mendapat ASI eksklusif dan 37 bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif. Sampel penilitian adalah bayi yang berumur 7 bulan yang berada di cakupan wilayah kerja Puskesmas Karang Taliwang dan Puskesmas Tanjung Karang Mataram. Penelitian ini menggunakan uji statistik chi square. Hasil dan Kesimpulan. Dari penelitian ini didapatkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna antara status gizi bayi yang mendapat ASI eksklusif dengan bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif (p < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ASI eksklusif, status gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:46
Last Modified: 28 Mar 2019 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13240

Actions (login required)

View Item View Item