INVENTARISASI, KARAKTERISASI DAN UJI PREFERENSI PANELIS TERHADAP PLASMA NUTFAH PERTANAMAN UBI JALAR (Ipomoea batatas Poir.) DI PULAU LOMBOK

Darma, Anak Agung Bagus (2019) INVENTARISASI, KARAKTERISASI DAN UJI PREFERENSI PANELIS TERHADAP PLASMA NUTFAH PERTANAMAN UBI JALAR (Ipomoea batatas Poir.) DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan tanaman ubi jalar di Pulau Lombok kini hampir terlupakan dan diperkirakan akan semakin berkurang. Faktor-faktor yang menjadi penyebab semakin berkurangnya sumber plasma nutfah ubi jalar di Pulau Lombok antara lain: ketertarikan Pemerintah Daerah dan masyarakat tani untuk menanam tanaman pangan selain jenis umbi-umbian seperti padi, legum dan jagung pada lahan pertaniannya, kurangnya ketertarikan ini dikarenakan rendahnya nilai jual dari ubi jalar di Pulau Lombok. Pulau Lombok sebagai salah satu daerah yang masih memiliki tingkat kerawanan pangan yang cukup tinggi dirasa perlu untuk mengembangkan jenis tanaman pangan umbi-umbian seperti ubi jalar, hal ini untuk mendukung keanekaragaman sumber pangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) plasma nutfah ubi jalar yang diusahkan pada kegiatan pertanaman di Pulau Lombok, 2) karakter dari plasma nutfah pertanaman ubi jalar di Pulau Lombok, dan 3) untuk mengidentifikasi sifat- sifat fenotif dan sensori dari panelis terhadap ubi jalar yang ditanam di Pulau Lombok. Pada penelitian ini menggunakan metode desktiptif. Inventarisasi dilakukan dengan metode eksplorasi, dan menggunakan analisis cluster yang selanjutnya ditampilkan dalam bentuk fenogram. Untuk memproleh data pada uji preferensi panelis dilakukan uji organoleptik terhadap 20 orang panelis tidak terlatih pada masing-masing suku mayoritas di Pulau Lombok yaitu Suku Sasak, Suku Bali, Suku Mbojo, Suku Samawa dan Suku Jawa. Pengujian organoleptik dilakukan dengan menggunakan angket uji hedonik yang kemudian dianalisis menggunakan uji desktiptif statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, petani, ubi jalar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:46
Last Modified: 28 Mar 2019 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item