PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEFARMASIAN YANG DI LAKUKAN TANPA KEWENANGAN DAN KEAHLIAN (Studi Kasus Putusan Nomer:296/Pid.B/2012/PN.Sbb)

KURNIAWAN, AHMAD ARI (2019) PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEFARMASIAN YANG DI LAKUKAN TANPA KEWENANGAN DAN KEAHLIAN (Studi Kasus Putusan Nomer:296/Pid.B/2012/PN.Sbb). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD ARI KURNIAWAN D1A.212.017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pertimbangan Hakim dalam penjatuhan sanksi pidana dan Penerapan pidana terhadap pelaku Tindak Pidana Kefarmasian yang dilakukan tanpa kewenangan dan keahlian dalam Putusan Nomor: 296/Pid.B/2012/PN.Sbb. metode penelitian yang digunakan adalah metode Pendekatan Konseptual, dan Pendekatan Kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Dasar pertimbangan Hakim menjatuhkan sanksi pidana Terhadap Pelaku Tindak Pidana Kefarmasian yang dilakukan tanpa kewenangan dan keahlian menggunakan pertimbangan Yuridis yang unsur-unsurnya, setiap orang dan unsur yang tidak memiliki keahlian dan kewenangan untuk melakukan praktek kefarmasian sebagaimana dimaksud dalam pasal 108 dan pertimbangan Non-Yuridis di antaranya hal-hal yang memberatkan bahwa terdakwa menjual obat tanpa resep dokter adapun hal hal yang meringankan terdakwa sopan di persidangan, terdakwa belum pernah di hukum, terdakwa merupakan perawat yang dibutuhkan tenaganya, terdakwa tulang punggung keluarga. Kedua, Penerapan Pidana Terhadap Tindak Pidana Kefarmasian yang dilakukan tanpa kewenangan dan keahlian dalam Putusan Nomor: 296/Pid.B/2012/PN.Sbb. dengan dakwaan tunggal yaitu, melanggar pasal 198 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tindak Pidana, Kefarmasian, Tanpa Kewenangan dan Keahlian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:46
Last Modified: 28 Mar 2019 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13246

Actions (login required)

View Item View Item