CAMPUR KODE BENTUK KATA BAHASA ARAB DALAM PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MA DAKWAH ISLAMIYAH NURUL HAKIM KEDIRI

IHSANI, IHSANI (2019) CAMPUR KODE BENTUK KATA BAHASA ARAB DALAM PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MA DAKWAH ISLAMIYAH NURUL HAKIM KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada campur kode bahasa arab dalam pemakaian bahasa Indonesia pada siswa kelas XI MA Dakwah Islamiyah Nurul Hakim Kediri. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah wujud campur kode dalam bentuk kata, frase, dan klausa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian bersifat deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan pada fakta-fakta yang ada atau fenomena yang secara empiris hidup pada penuturnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik simak bebas cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual dan metode distribusional. Metode padan intralingual yaitu metode yang menghubungbandingkan unsur- unsur yang bersifat lingual, sedangkan metode distribusional yaitu untuk memilah unsur bahasa, dengan menggunakan teknik dasar. Adapun metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bentuk lingual campur kode berupa campur kode bentuk kata yang terdiri dari bentuk kata benda, kata sifat dan kata kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): campur kode, wujud campur kode, pemakaian bahasa siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:06
Last Modified: 28 Mar 2019 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13251

Actions (login required)

View Item View Item