HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP RSUD PRAYA

IwanHardiyanta, IwanHardiyanta (2013) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP RSUD PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1) COVER & HALAMAN JUDUL (Logo Berwarna & Hitam-Putih).docx
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
2) HALAMAN PERSETUJUAN (dosen utama, pendamping, penguji).docx
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
3) HALAMAN PENGESAHAN (dosen utama, pendamping, penguji, dekan).docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
4) PRAKATA & PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
5) DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
6) DAFTAR TABEL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
7) DAFTAR GAMBAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
8) DAFTAR LAMPIRAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
9) ABSTRAK dan ABSTRACT.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
10) BAB I (PENDAHULUAN).docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
11) BAB II (TINJAUAN PUSTAKA).docx
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
13) BAB III (METODOLOGI PENELITIAN + Uji VALIDITAS & RELIABILITAS).docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
14) BAB IV (HASIL & PEMBAHASAN).docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
15) BAB V (KESIMPULAN & SARAN).docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
16) DAFTAR PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Latarbelakang :Komunikasiberperanpentingdalampelayananterutamadalammembangunpelayanankesehatanyang baik, bermutu, profesionaldansesuaiharapansertadapatditerimakonsumen yang dalamhaliniadalahpasien. Komunikasi yang baik dan berkualitas dapat diukur dari komunikasi yang efektif, yakniapabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana yang dimaksudkan oleh pengirim pesan dan pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan serta tidak ada hambatan untuk hal itu.BerdasarkanpengaduanmasyarakatkeMajelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI), didapatkan 80% dari 135 kasuspengaduanpelayanandisebabkankarena komunikasi yang tidak baikantarapenyediapelayanandenganpasien. Olehsebabitu, penelitianinimencobamencarihubunganantarapersepsipasienterhadapkualitaskomunikasitenagakesehatandengantingkatkepuasanpelayananpadapasienrawatinapRumahSakitUmum Daerah Praya. Metode :Rancanganpenelitianiniadalahcross sectional. Teknikpengambilansampeladalahconcecutive sampling yang merupakancarapengambilansampelsampaijumlahsampel minimal terpenuhi. Sampel yang diambiladalahsemuapasienrawatinapRSUD Praya.Pengambilan data dilakukandenganmenggunakaninstrumenpenelitianberupakuesioner.Analisisstatistikmenggunkananalisisdeskriptif, spearman, danregresilinier. Hasil :Hasilpenelitianmenunjukkandalamanalisisbivariatterdapatduafaktorkualitaskomunikasi yang mempengaruhitingkatkepuasanpasien, yaituempathydanclarity. Sedangkanpadaanalisismultivariat, tidakdidapatkanfaktorkualitaskomunikasi yang paling berpengaruhterhadaptingkatkepuasanpasien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kualitaskomunikasi, Tingkat kepuasan, Rawatinap.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Mar 2019 07:20
Last Modified: 29 Mar 2019 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13263

Actions (login required)

View Item View Item