PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

RUWAIDA, SITI (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI SITI RUWAIDA (E1A012051).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Mataram dari bulan Juli sampai Agustus 2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan melalui teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar berupa instrumen tes. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t polled varians pada taraf signifikan 5%. Analisis data kemampuan berpikir kritis menunjukkan thitung>ttabel yakni 2,19 > 2,02 dan analisis data hasil belajar menunjukkan thitung>ttabel yakni 2,9 >2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran siklus belajar 5E berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Mataram tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Barnadip, I. 1996. Dasar-Dasar Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia. Bybee, W.R, dan Trowbridge L.W. 1996. Teaching Secondary School Science : Strategies for Developing Scientific Literacy . New Jersey :Merrill Publishing. Furchan, A. 2011. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hardiyasa, I.M. 2014. Pengaruh Model Siklus Belajar 5E terhadap ketrampilan Berfikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa. E- journal program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha volume 4 halaman . Diakses 10 Mei 2016. Jufri, A.W. 2010. Belajar dan Pembelajaran Sains. Mataram Lombok: Arga Puji Press. Kartimi dan Liliasari. 2012. Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Termokimia untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Volume I halaman 21-26. Diakses melalui http://journal.unnes.ac.id/index.php /jpii pada 10 Mei 2016.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:41
Last Modified: 05 Feb 2018 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item