EVALUASI OPERASI URETERORENOSKOPI LITOTRIPSI PADA PASIEN BATU URETER BERDASARKAN LETAK DAN UKURAN BATU DI RUMAH SAKIT BIOMEDIKA MATARAM

Novitasari, Anggy (2014) EVALUASI OPERASI URETERORENOSKOPI LITOTRIPSI PADA PASIEN BATU URETER BERDASARKAN LETAK DAN UKURAN BATU DI RUMAH SAKIT BIOMEDIKA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
cover kti.doc
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Cover Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
KTI ANGGY NOVITASARI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)

Abstract

Pendahuluan : Di Indonesia penyakit batu saluran kemih masih menempati porsi terbesar dari jumlah pasien di klinik urologi. Berdasarkan data di luar negeri didapatkan bahwa resiko pembentukan batu sepanjang hidup dilaporkan berkisar 5-10%. Uretrorenoskopi merupakan salah satu tindakan operasi di bidang Urologi untuk memecah batu ureter. Alat ini memilki diameter kecil sertabersifat fleksibel sehingga memudahkan untuk pergerakannya dan dapat dengan maksimal memecahkan batu uretersertamemilikiefek minimal terhadapkerusakanjaringansekitar. Akan tetapi, walaupun alat ini telah didesain sedemikian rupa, masih ada sekitar 10% dari kasus yang mengalami kegagalan sehingga memerlukan tindakan konversi. Untukitupenelitimelakukanpenelitian yang bertujuanuntuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kegagalan operasi URS litotripsi pada pasien batu ureter berdasarkan letak dan ukuran batu. Metodologi Penelitian : Penelitian ini dilaksanakan dengan metode cross sectional analytic korelatif. Sampel adalah pasien batu ureteryang menjalani operasi Ureterorenoskopi Litotripsi di Rumah Sakit Biomedika Mataram yang termasuk di dalam kriteria inklusi dengan jumlah 57 sampel. Subjek penelitian diambil dari seluruh rekam medis pasien batu ureter yang menjalani operasi ureterorenoskopi litotripsi pada periode February 2010 sampai dengan February 2013.Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan uji Lambda. Hasil : Angka keberhasilan operasi ureterorenoskopi litotripsipada pasien batu ureter sebesar 89,4%. Ukuran batu paling banyak ditemukan berukuran ≥ 1cm dengan presentae sebesar 77,2% dan letak batu paling banyak ditemukan pada ureter distal sebesar 49,1%. Simpulan : Tidak didapatkan hubungan yang signifikan secara statistikantara letak dan ukuran batu dengan keberhasilan operasi Ureterorenoskopi Litotripsi pada pasien batu ureter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ureterorenoskopi, litotripsi, batu ureter,letak batu, ukuran batu.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Mar 2019 07:19
Last Modified: 29 Mar 2019 07:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item