PROFIL ANEMIA BERDASARKAN INDEKS ERITROSIT PADA SISWA SMP DI DAERAH PANTAI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2013

Widiatmika, I Nyoman Ardi (2014) PROFIL ANEMIA BERDASARKAN INDEKS ERITROSIT PADA SISWA SMP DI DAERAH PANTAI KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

Latar belakang: Anemia ditunjukkan oleh penurunan kadar hemoglobin yang akhirnya menyebabkan penurunan kualitas individu. Kejadian anemia dipengaruhi oleh keadaan demografis. Prevalensi anemia di daerah pantai (52%) lebih tinggi dibandingkan dengan daerah pegunungan (24%). Masyarakat di daerah pantai umumnya memiliki status sosial ekonomi yang rendah dan hal ini berperan dalam kejadian anemia. Kecamatan Tanjung memiliki wilayah pantai yang luas, sedangkan data anemia pada anak SMP belum ada pada daerah tersebut. Untuk mengetahui penyebab yang mendasari terjadinya anemia, salah satunya dengan indeks eritrosit. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang profil anemia berdasarkan indeks eritrosit pada siswa SMP di daerah pantai Kecamatan Tanjung. Metode: Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Seluruh sampel berjumlah 354 siswa, namun hanya 201 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan hasil pemeriksaan sampel darah. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil: Batasan kadar Hb normal populasi untuk siswa SMP di daerah pantai Kecamatan Tanjung adalah 13,11 ± SD 1,11 g/dl. Dari 201 responden, 26 (12,94%) anak mengalami anemia yaitu 15 (57,7%) siswa perempuan, dan 11 (42,31%) siswa laki-laki. Berdasarkan indeks eritrosit, 38,46% (10 siswa) menunjukkan gambaran normositik hipokromik, dan 61,5% (16 siswa) menunjukkan jenis anemia mikrositik hipokromik. Kesimpulan: Jenis anemia berdasarkan indeks eritrosit pada siswa SMP di daerah pantai Kecamatan Tanjung adalah anemia normositik hipokromik 38,46% (10 siswa) dan anemia mikrositik hipokromik 61,5% (16 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): anemia, indeks eritrosit, pantai
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Mar 2019 07:19
Last Modified: 29 Mar 2019 07:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13274

Actions (login required)

View Item View Item