PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

Sanjaya, I Made Bayu (2017) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Awal.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
KTI konten.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pada studi-studi empirik, telah dibuktikan bahwa pencapaian kompetensi sebagai tujuan dari pembelajaran klinik dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Selama sepuluh tahun melaksanakan pendidikan tahap klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Mataram telah melakukan beberapa perubahan dan peningkatan pada komponen-komponen lingkungan belajar kliniknya. Dengan berbagai perubahan yang terjadi pada lingkungan belajar klinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, maka perlu adanya studi mengenai persepsi mahasiswa tahap klinik terkait lingkungan belajar klinik untuk mengetahui apakah persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar klinik yang tersedia sekarang sudah baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan data secara cross-sectional menggunakan kuesioner Postgraduate Hospital Educational Environment Measure (PHEEM). Sebanyak 120 mahasiswa pendidikan tahap klinik berpartisipasi, yang terdiri atas 45 laki-laki (37,5%) dan 75 perempuan (62,5%). Data digunakan untuk melihat persepsi mahasiswa tahap klinik terhadap lingkungan belajar klinik berdasarkan jenis kelamin, penggunaan logbook baru, dan tahun angkatan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik komparatif non parametrik Mann-whitney. Hasil: Rerata nilai total PHEEM untuk seluruh responden adalah 97,55. Nilai total PHEEM antara kelompok mahasiswa laki-laki dan perempuan memiliki perbedaaan yang bermakna (p=0,016), perbedaan lama koas maupun penggunaan jenis logbook tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p=0,593;p=0,491). Kesimpulan: Persepsi mahasiswa tahap klinik terhadap lingkungan belajar dalam pendidikan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram memiliki lebih banyak hal positif dibanding hal negatif. Mahasiswa wanita memiliki persepsi yang lebih baik dibanding mahasiswa laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): lingkungan belajar klinik, persepsi mahasiswa klinik, PHEEM.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:14
Last Modified: 02 Apr 2019 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item