HUBUNGAN ANTARA KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN- CHOLESTEROL (HDL-C) DENGAN GENSINI SCORE PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI RSUD KOTA MATARAM

Putra, Dhanu Pribadi (2019) HUBUNGAN ANTARA KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN- CHOLESTEROL (HDL-C) DENGAN GENSINI SCORE PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI RSUD KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI total bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang : Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang mempunyai angka morbiditas dan mortalitas tinggi. Penyebab dasar terjadinya PJK adalah aterosklerosis. Penelitian terdahulu menunjukkan terdapat hubungan antara kadar High Density lipoprotein-Cholesterol (HDL-C) dan aterosklerosis. Gensini score merupakan sistem skoring yang menilai derajat keparahan PJK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kadar HDL-C dengan Gensini score pada pasien PJK di RSUD Kota Mataram Metode : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 52 pasien yang terdiagnosis PJK di RSUD Kota Mataram. Variabel utama dalam penelitian ini adalah kadar HDL-C dan Gensini score. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney untuk uji analitik komparatif dan uji Spearman untuk uji analitik korelatif. Hasil : Usia (p=0.87), riwayat hipertensi (p=436), riwayat DM (p=0.742), hipertensi (p=0.349) dan merokok (p=0.382) tidak berpengaruh terhadap Gensini score. Di sisi lain, jenis kelamin (p=0.022) dan diagnosis (p=0.000) memiliki pengaruh terhadap Gensini score. Uji analitik korelatif spearman antara kadar HDL-C dengan Gensini score didapatkan hasil yang tidak signifikan (koefisien korelasi=-0.037, p=0.794). Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kadar HDL-C dengan Gensini score pada pasien PJK RSUD Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): High Density Lipoprotein-Cholesterol (HDL-C), Penyakit Jantung Koroner (PJK), Gensini score
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:13
Last Modified: 02 Apr 2019 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13307

Actions (login required)

View Item View Item