HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X DI KOTA MATARAM

Noviasi, Vanessa Candri (2019) HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kejadian bullying bervariasi di berbagai negara, sekitar 9-73% pelajar pernah melakukan bullying (pelaku) dan 2-36% lainnya pernah menjadi korban bullying. Prevalensi perilaku bullying semakin meningkat dan menimbulkan dampak pada korban ataupun pelaku bullying. Perilaku bullying dapat berdampak pada peningkatan risiko terjadinya depresi. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode cross sectional yang dilakukan di SMAN 3 Mataram dan SMAN 7 Mataram. Data diambil menggunakan kuesioner Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ) dan Beck Depression Inventory (BDI). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis dan uji Mann Whitney. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian pada 60 responden didapatkan sebanyak 23 orang (38,3%) tidak pernah terlibat dalam perilaku bullying, 22 orang (36,7%) pernah menjadi korban bullying, 7 orang (11,7%) pernah menjadi pelaku bullying dan 8 orang (13,3%) pernah menjadi pelaku maupun korban bullying. Tingkat depresi pada responden didapatkan 12 orang (20%) mengalami depresi minimal, 15 orang (25%) mengalami depresi ringan, 17 orang (28,3%) mengalami depresi sedang, dan 16 orang (26,7%) mengalami depresi berat. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara perilaku bullying dengan tingkat depresi pada siswa-siswi kelas X SMA Negeri di Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku bullying, tingkat depresi, remaja.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:13
Last Modified: 02 Apr 2019 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item