KORELASI ANTARA LEVEL TRIGLISERIDA DALAM SERUM DAN FUNGSI KOGNITIF GLOBAL PADA MASYARAKAT DI KOTA MATARAM

Semadi, I Kadek Dwi (2019) KORELASI ANTARA LEVEL TRIGLISERIDA DALAM SERUM DAN FUNGSI KOGNITIF GLOBAL PADA MASYARAKAT DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KTI - I KADEK DWI SEMADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Gangguan kognitif merupakan masalah kesehatan yang sering diderita penduduk usia tua dengan gejala yang bervariasi mulai dari ringan hingga berat. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa faktor risiko kardiovaskular berhubungan dengan gangguan fungsi kognitif. Saat ini masih sedikit penelitian yang membahas terkait hubungan dislipidemia dengan gangguan fungsi kognitif dan hasilnya masih kontroversial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara level trigliserida serum dengan fungsi kognitif global pada masyarakat di Kota Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan metode potong-lintang. Pengambilan data dilakukan di Taman Udayana Kota Mataram dan didapatkan 55 subjek yang memenuhi kriteria inklusi. Data yang dikumpulkan meliputi informasi demografi dan gaya hidup serta pemeriksaan tekanan darah, indeks massa tubuh, kolesterol total, trigliserida, low-density lipoprotein, high-density lipoprotein, gula darah puasa dan fungsi kognitif global. Instrumen yang digunakan untuk menilai fungsi kognitif global adalah Clock Drawing Test (CDT). Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi bermakna antara level trigliserida serum dengan fungsi kognitif global (p=0,012). Dari beberapa faktor pembias hanya riwayat diabetes melitus yang menunjukkan korelasi bermakna dengan fungsi kognitif global (p=0,048). Hasil regresi logistik menunjukkan korelasi antara level trigliserida serum yang tinggi dengan gangguan fungsi kognitif global tetap signifikan dan bersifat independen terhadap diabetes melitus. Simpulan: Level trigliserida serum yang tinggi berhubungan dengan gangguan fungsi kognitif global dan bersifat independen terhadap diabetes melitus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fungsi kognitif global, level trigliserida serum, faktor risiko kardiovaskuler, Clock drawing test
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:11
Last Modified: 05 Apr 2019 08:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

View Item View Item