PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAHATASDOLAR AMERIKA TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017

WICAKSONO, KIDUNG NANDA (2019) PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAHATASDOLAR AMERIKA TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh nilai tukar Rupiah atas Dolar Amerika terhadap harga saham perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di BEI tahun 2013 sampai 2017. Harga saham ditentukan oleh permintaan dan penawaran dari saham tersebut, salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran saham yaitu nilai tukar Rupiah atas Dolar Amerika.Nilai tukar merupakan faktor yang paling dominan diperhatikan oleh investor terkait capital gain yang akan mereka peroleh. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tukar Rupiah atas Dolar Amerika berpengaruh negatif terhadap harga saham perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di BEI tahun 2013 sampai 2017. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa nilai tukar merupakan faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga saham. Bagi perusahaan yang beriorientasi ekspor seperti perusahaan pertambangan batubara akan mendapat efek positif dari turunnya nilai tukar karena selisih keuntungan yang didapat dari ekspor yang dilakukan. Implikasi penelitian ini memberikan pengetahuan bahwa seharusnya investor memperhatikan perubahan nilai tukar Rupiah atas Dolar ketika ingin berinvestasi untuk menghindari kerugian dikemudian hari. Ketika nilai tukar Rupiah terdepresiasi terhadap Dolar Amerika maka seharusnya investor berinvestasi pada perusahaan yang beriorientasi ekspor seperti perusahaan pertambangan batubara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Harga Saham, Nilai Tukar Rupiah atas Dolar Amerika, Perusahaan Multinasional, Bursa Efek Indonesia, Batubara.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:10
Last Modified: 05 Apr 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item