HUBUNGAN ANTARA RASIO TRIGLISERIDA/HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (TG/HDL) DENGAN RISIKO TERJADINYA OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA)

Ariani, Ni Kadek (2019) HUBUNGAN ANTARA RASIO TRIGLISERIDA/HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (TG/HDL) DENGAN RISIKO TERJADINYA OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI NIKADEK ARIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Obstructive Sleep Apnea (OSA) merupakan gangguan pernapasan saat tidur, kondisi ini erat kaitannya dengan sindrom metabolik. Dilihat dari komponen sindrom metabolik terdapat laporan yang menunjukkan terjadinya peningkatan dari TG serta adanya penurunan dari HDL. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara rasio TG/HDL dengan tingkat keparahan OSA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasio TG/HDL dengan risiko terjadinya OSA. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel berjumlah 55 responden yang berusia ≥ 40 tahun yang dilakukan di Taman Udayana, Kelurahan Monjok, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data menggunakan beberapa instrumen seperti kuesioner, pengukuran antropometri, dan sampel darah. Tingkat risiko OSA diestimasi berdasarkan STOP-BANG questionnaire. Data analisis menggunakan tes korelasi koefisien kontingensi. Hasil: Dari 55 responden, 27 (49,1%) responden memiliki tingkat risiko OSA tinggi. Sebanyak 24 (43,6%) responden memiliki rasio TG/HDL normal dan 31 (56,4%) responden memiliki rasio TG/HDL tidak normal. Analisis korelasi koefisien kontingensi menunjukkan tidak ada hubungan antara rasio TG/HDL dengan risiko terjadinya OSA (p>0,05). Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara rasio TG/HDL dengan risiko terjadinya OSA

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): OSA, Rasio TG/HDL, STOP-BANG questionnaire
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:10
Last Modified: 05 Apr 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item