HUBUNGAN PAPARAN MERKURI TERHADAP FUNGSI PARU MASYARAKAT SEKITAR DAERAH PERTAMBANGAN EMAS KECAMATAN SEKOTONG, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Wibowo, Reza Fitranto Tri (2019) HUBUNGAN PAPARAN MERKURI TERHADAP FUNGSI PARU MASYARAKAT SEKITAR DAERAH PERTAMBANGAN EMAS KECAMATAN SEKOTONG, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Merkuri merupakan logam berat yang sangat beracun apabila didapati melebihi batas normal dalam tubuh manusia, merkuri yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan baik keracunan akut ataupun kronis. Dampak yang di akibatkan oleh merkuri bermacam-macam dan dapat menggangu fungsi normal hampir seluruh organ penting dalam tubuh manusia, salah satunya dapat mengganggu fungsi normal paru manusia. Para penambang pada umumnya tercemar merkuri melalui kontak langsung dengan kulit, menghirup uap merkuri, memakan ikan dan meminum air yang telah tercemar merkuri. Pada penelitian lain menyatakan bahwa terdapat hubungan paparan merkuri terhadap FEV1 dan FVC fungsi paru. Spirometri merupakan suatu metode yang digunakan untuk menilai fungsi paru seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paparan merkuri terhadap fungsi paru masyarakat sekitar daerah pertambangan emas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Metode : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 32 subjek yang tinggal di sekitar daerah pertambangan emas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat dan 32 subjek yang tinggal di Kota Mataram. Dilakukan wawancara dan pengukuran fungsi paru menggunakan spirometer. Variabel utama dalam penelitian ini adalah Merkuri dan Fungsi Paru. Analisa data menggunakan Independent Samples t Test. Hasil : Pada hasil analisa kedua subjek penelitian didapatkan rerata FEV1=1,9 L, FVC= 2,1 L, %FEV1=57%, %FVC=56%. Didapatkan perbedaan signifikan pada perbandingan nilai rerata FEV1 (p = 0,003), FVC (p = 0,008), FEV1% (p = 0,006), FVC% (p = 0,0029) antara kedua kelompok. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan paparan merkuri terhadap fungsi paru masyarakat sekitar daerah pertambangan emas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Merkuri, fungsi paru, pertambangan emas.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:10
Last Modified: 05 Apr 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item