HUBUNGAN BERATNYA LOWER URINARY TRACT SYMPTOMS (LUTS) PADA IPSS DENGAN VOLUME PROSTAT PASIEN BENIGN PROSTATIC HYPERPLASIA (BPH) DI RSUD PROVINSI NTB

Jalaismu, Firman Agung (2019) HUBUNGAN BERATNYA LOWER URINARY TRACT SYMPTOMS (LUTS) PADA IPSS DENGAN VOLUME PROSTAT PASIEN BENIGN PROSTATIC HYPERPLASIA (BPH) DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah - Firman Agung Jalaismu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat jinak merupakan suatu keadaan yang menggambarkan adanya hyperplasia pada sel stroma dan sel epitel prostat. Pada keadaan BPH, terjadi kompresi pada uretra dan mengakibatkan Bladder Outlet Obstruction (BOO) yang kemudian dapat menimbulkan Lower urinary tract symptoms (LUTS) atau gejala saluran kemih bawah. Hubungan antara beratnya gejala LUTS dengan BPH sangat kompleks. Walaupun BPH merupakan salah satu penyebab paling umum dari LUTS namun pada beberapa pria seringkali tidak didapatkan gangguan berkemih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beratnya Lower Urinary Tract Symptoms (LUTS) dengan volume prostat pada pasien Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross-sectional yang dilakukan pada pasien BPH di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat selama bulan November hingga Desember tahun 2018. Sebanyak 64 pasien BPH berpartisipasi dalam penelitian ini. Variabel yang diteliti adalah LUTS dan volume prostat. Uji spearman digunakan untuk menilai hubungan antaran LUTS dan volume prostat. Nilai p<0,05 menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil: sebanyak 7,8% pasien mengalami LUTS ringan, 59,4% LUTS sedang, 32,8% LUTS berat. Pasien BPH lebih banyak terjadi pada usia >=60tahun. Terdapat hubungan yang signifikan antara beratnya LUTS dengan volume prostat pada pasien BPH di RSUD Provinsi NTB (r=0,633, p=0,000)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): BPH, LUTS, Volume prostat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:10
Last Modified: 05 Apr 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13359

Actions (login required)

View Item View Item