EVALUASI SIFAT KUANTITATIF PLASMA NUTFAH TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.) DI DATARAN MEDIUM KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Supendi, Supendi (2019) EVALUASI SIFAT KUANTITATIF PLASMA NUTFAH TANAMAN GANDUM (Triticum aestivum L.) DI DATARAN MEDIUM KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
supendi 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sifat kuantitatif plasma nutfah beberapa varietas gandum yang ditanam di dataran medium. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan percobaan dilapangan. Percobaan ini dilaksanakan dari Juni sampai September 2018 di Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunakan 7 varietas gandum sebagai perlakuan, masing- masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga didapatkan 21 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis keragaman (ANOVA). Dari hasil percobaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Tanaman gandum yang ditanam di dataran medium menunjukkan adanya perbedaan sifat kuantitatif terhadap parameter pertumbuhan dan parameter hasil masing-masing varietas, di antaranya Nias, Dewata, Mace, Scout dan Janz memiliki hasil panen cukup tinggi, yang didukung oleh jumlah spikelet/malai, jumlah biji/spikelet dan berat 1000 biji yang dihasilkan. Cobra dan Westonia memiliki hasil panen rendah meskipun jumlah batang, jumlah malai/m2 , tidak berbeda nyata dengan varietas lainya, akan tetapi pada Cobra jumlah spikelet, berat 1000 biji dan berat biji/m2 yang dihasilkan rendah sedangkan pada Westonia berat biji/m2 yang dihasilkan rendah meskipun berat 1000 bijinya tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gandum, kuantitatif, plasma nutfah, dataran medium
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:10
Last Modified: 05 Apr 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item