OPTIMASI ADSORBEN ARANG AKTIF SEKAM PADI TERAKTIVASI HCl TERHADAP PENURUNAN KADAR AMONIAK LIMBAH CAIR TAHU DI KELURAHAN KEKALIK KOTA MATARAM

ALPIN ROHMANI, ALPIN ROHMANI (2019) OPTIMASI ADSORBEN ARANG AKTIF SEKAM PADI TERAKTIVASI HCl TERHADAP PENURUNAN KADAR AMONIAK LIMBAH CAIR TAHU DI KELURAHAN KEKALIK KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Industri tahu adalah salah satu industri makanan yang menghasilkan limbah organik dari pencemaran lingkungan. Salah satu metode alternatif yang digunakan untuk mengatasi pencemaran air limbah industri tahu adalah metode adsorpsi menggunakan karbon aktif dari sekam padi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aktivator HCl dan NaOH terhadap karakter arang aktif sekam padi, kondisi optimum (waktu kontak, massa adsorben, dan pH) pada adsorpsi amonia limbah cair tahu oleh arang aktif sekam padi, dan persentase penurunan kadar amonia limbah cair tahu menggunakan adsorben sekam padi traktivasi HCl. Arang aktif dibuat melalui proses preparasi, karbonisasi, dan aktivasi. Arang aktif yang dianalisis terdiri dari rendemen, kadar air, kadar abu, kadar zat yang menguap, adsorpsi iodium, analisa gugus fungsi dengan FTIR, dan analisa morfologi permukaan dengan menggunakan Scanning Electron Microscopy (SEM). Pengukuran kadar amonium menggunakan Spektrofotometer Uv-Vis. Kontak optimal waktu, berat adsorben, dan pH arang aktif dilakukan untuk mendapatkan adsorpsi amonia yang optimal dalam air limbah industri tahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arang aktif dari sekam padi dengan aktivasi HCl telah memenuhi kriteria SNI nomor 06-3730-1995. Kondisi optimum penyerapan kadar amonia limbah cair tahu oleh arang aktif sekam padi terjadi pada waktu 30 menit dengan hasil penurunan persentase penyerapan sebesar 47%, massa optimum terjadi pada 1,5 gram dengan persentase penyerapan sebesar 47%, dan kondisi optimum pH terjadi pada pH 7 dengan penurunan persentase penyerapan sebesar 38%. Penurunan persentase kandungan amonia dalam limbah cair industri tahu sebesar 47%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Arang aktif sekam padi, amonia, limbah cair industri tahu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:10
Last Modified: 05 Apr 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item