RANCANG BANGUN PURWARUPA SIMULASI SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS INTERNET OF THINGS

saputra, Muhammad Harpan Teguh (2019) RANCANG BANGUN PURWARUPA SIMULASI SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS INTERNET OF THINGS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Rancang Bangun Purwarupa Simulasi Sistem Keamanan Rumah Berbasis Internet of Things.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi sudah merambat ke segala bidang contohnya adalah dalam bidang keamanan dengan menggunakan teknologi InternetofThings. Salah satu tempat yang perlu diberikan pengamanan adalah rumah, sehingga pada penelitian ini telah dibuat purwarupa sistem keamanan rumah dengan menggunakan InternetofThings dengan tujuan sistem dapat memberikan informasi kepada pemilik rumah jika terjadi penyusupan melalui jendela atau pintu rumah, kebocoran gas dan kebakaran. Alat-alat yang digunakan adalah arduino Mega 2560 sebagai mikrokontroler, sensor gas, sensor api, sensor magneticswitch, RFID, keypad dan Aelenoid. Sistem Informasi Keamanan Rumah dibuat untuk mengontrol keadaan rumah. Hasil dari penelitian ini adalah sistem keamanan rumah yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan dapat terintegrasi dengan sistem informasi keamanan rumah. Sensor-sensor dapat mendeteksi adanya kebocoran gas, kebakaran dan terbukanya pintu atau jendela pada saat sistem keamanan aktif. Pemilik rumah hanya dapat mematikan sistem keamanan rumah dan membuka kunci pintu dengan menggunakan RFID tag yang memiliki id yang sudah terdaftar dan password yang benar. Sistem keamanan rumah juga dapat menyalakan alarm dan mengirimkan notifikasi kepada pemilik rumah, kantor pemadam kebakaran dan kantor polisi jika terjadi kebakaran, kebocoran gas maupun jendela atau pintu yang dibuka saat sistem keamanan sedang aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Internet ofThings, Sistem Keamanan Rumah, Arduino Mega 2560, Sensor MagneticSwitch, Sensor Api, dan Sensor Gas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:48
Last Modified: 08 Apr 2019 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item View Item