ANALISIS PERBANDINGAN PROTOKOL ROUTING OSPF DAN RIPv2 BERDASARKAN VARIASI JUMLAH ROUTER PADA JARINGAN MPLS DAN TANPA MPLS MENGGUNAKAN SIMULATOR GN3

SUPRIYADI, DUDY (2019) ANALISIS PERBANDINGAN PROTOKOL ROUTING OSPF DAN RIPv2 BERDASARKAN VARIASI JUMLAH ROUTER PADA JARINGAN MPLS DAN TANPA MPLS MENGGUNAKAN SIMULATOR GN3. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Analisis Perbandingan Protokol Routing OSPF dan RIPv2 Berdasarkan Variasi Jumlah Router Pada Jari.doc
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Semakin meluasnya cakupan sebuah jaringan maka tidak dapat dipungkiri mengakibatkan jumlah node pada jaringan akan semakin bertambah. Hal ini tentunya akan mengakibatkan penurunan performa dari protokol routing yang digunakan. Sehingga perlu dilakukannya penelitian untuk mengetahui kinerja protokol routing yang digunakan yaitu OSPF dan RIPv2 apabila diberikan beban jumlah router yang berbeda. Multiprotocol Label Switching atau biasa disingkat MPLS adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk tunning jaringan agar lebih meningkatkan performa jaringan. Teknologi ini dapat menjadi opsi terbaik melihat dari segi biaya yang murah serta mudah dalam implementasinya. Sehingga MPLS menjadi teknologi pilihan terbaik yang harus diuji skalabilitasnya saat ini. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode simulasi dan analisis menggunakan simulator GNS3 dan tools Iperfv3.6. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan performa pada protokol routing OSPF dan RIPv2 dengan MPLS. Pada Parameter Bitrate terjadi Peningkatan sebesar 36.40%, jitter sebesar 15.14%, dan Packet Loss sebesar 12% untuk protokol RIPv2 saat diterapkannya MPLS. Sebaliknya OSPF dengan menggunakan MPLS terjadi peningkatan nilai bitrate sebesar 36.86%, nilai jitter sebesar 20.65%, dan packet loss sebesar 8%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jaringan Komputer, Analisis Protokol Routing, Routing Dinamis, GNS3, Multiprotocol Label Switching.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:48
Last Modified: 08 Apr 2019 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item View Item