PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PUPUK ABU MINERAL TERHADAP PERTUMBUHAN BEBERAPA VARIETAS PADI (Oryza sativa L.) DAN SERAPAN SILIKAT (Si)

Homsi, Islamul (2019) PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI JENIS PUPUK ABU MINERAL TERHADAP PERTUMBUHAN BEBERAPA VARIETAS PADI (Oryza sativa L.) DAN SERAPAN SILIKAT (Si). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIKS OMSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai jenis pupuk abu mineral terhadap pertumbuhan beberapa varietas padi (Oryza sativaL.,) dan serapan silikat (Si).Percobaan ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai bulan Juli 2018 menggunakan pot percobaan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari dua (2) faktor yaitu faktor abu (abu sekam padi, abu kulit kacang tanah dansampah kota) dan faktor varietas (Inpari 32 dan Ciherang), dan setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga (3) kali. Datayang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis of Varians (ANOVA) dan jika terdapat perbedaan antar perlakuan maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) BV tertinggi ditunjukkan oleh abu sampah kota, pH tertinggi ditunjukkan oleh abu sampah kota, C- Organik tertinggi ditunjukkan oleh abu sampah kota, N Total tertinggi ditunjukkan oleh abu sekam padi, dan C-N rasiotertinggi ditunjukkan oleh abu sampah kota. 2) perlakuan abu (abu sekam padi, kuit kacang tanah, dan abu sampah kota) (A) dan kombinasi abu (A) dan varietas (V) tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati. 3) perlakuan varietas Inpari 32 (V1) berpengaruh nyata terhadap berat berangkasan basah dan berat berangkasan kering. Seain itu varietas Inpari 32 lebih responsif; dan varietas Inpari 32 ini lebih superior dibandingkan dengan varietas Ciherang. 4) perlakuan abu sampah kota (A3) dan interaksi abu sampah kota dan varietas Ciherang (A3V2) menunjukkan serapan Silika tertinggi jika dibandingkan abu yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanaman Padi, Tanah Entisol, Pupuk Abu Mineral.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:45
Last Modified: 08 Apr 2019 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item View Item