KETANGGUHAN RETAK CAMPURAN EPOXY VARIASI FILLER HYBRID (FLY ASH DAN CaCO3) PADA LINGKUNGAN KERING DAN BASAH DENGAN METODE BENDING

PRAKOSO, YOGA (2019) KETANGGUHAN RETAK CAMPURAN EPOXY VARIASI FILLER HYBRID (FLY ASH DAN CaCO3) PADA LINGKUNGAN KERING DAN BASAH DENGAN METODE BENDING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Full Yoga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Filler banyak digunakan untuk meningkatkan sifat mekanik epoxy yang digunakan sebagai perekat. Beberapa filler mempunyai keunggulan dan kekurangan sehingga hibridisasi filler dapat mengurangi kekurangan masing-masing filler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penyerapan air pada berbagai komposisi filler hybrid (fly ash dan CaCO3) dalam spesimen perekat epoxy dan pengaruh penyerapan air terhadap ketanggguhan retak spesimen perekat epoxy dengan komposisi filler hybrid (fly ash dan CaCO3) yang berbeda. Bahan utama penelitian ini adalah filler (fly ash dan CaCO3), resin epoxy dan hardener epoxy. Fraksi berat filler dibuat konstan 20 % dengan perbandingan (fly ash: CaCO3) (20 %: 0 %), (15 %: 5 %), (10 %: 10 %, (5 %: 15 %) dan (0%: 20 %). Pengujian yang dilakukan adalah pengujian penyerapan air dan ketangguhan retak. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa filler menurunkan kadar air dibandingkan tanpa filler rata-rata sebesar 20,49%. Sedangkan pada pengujian ketangguhan retak variasi komposisi filler dan perlakuan kondisi kering, semi jenuh, dan jenuh berpengaruh terhadap ketangguhan retak. Dibanding kondisi kering, pada spesimen berfiller hybrid saat kondisi semi jenuh nilai ketangguhan retak meningkat rata-rata sebesar 36,41%, dan namun pada kondisi jenuh ketangguhan retak menurun rata-rata sebesar 37,40%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): epoxy, fly ash, CaCO3, kadar air dan ketangguhan retak.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:45
Last Modified: 08 Apr 2019 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13381

Actions (login required)

View Item View Item