PERUBAHAN NILAI KIMIAWI DAN pH KEJU LUNAK (Cottage cheese) DENGAN PENAMBAHAN GETAH PEPAYA (Carica papaya) SELAMA PROSES PENYIMPANAN

JANNAH, LIATUL (2019) PERUBAHAN NILAI KIMIAWI DAN pH KEJU LUNAK (Cottage cheese) DENGAN PENAMBAHAN GETAH PEPAYA (Carica papaya) SELAMA PROSES PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LIATUL JANNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan nilai protein kasar, lemak kasar, kadar air, dan pH keju lunak dengan penambahan getah pepaya (carica papaya) dibandingkan dengan perlakuan kontrol serta lama penyimpanan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2018 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) untuk pembuatan keju lunak, Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi untuk perbanyakan starter-culture, dan Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak untuk uji kimiawi Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 liter susu kerbau segar dengan pemberian getah pepaya sebanyak 2 ml per perlakuan. Data hasil penelitian ini akan dianalisis menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial dengan 3 kali ulangan untuk setiap perlakuan dan lama penyimpan ( 0 , 3 , 5 hari) dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS v.22. Data hasil analisis menunjukkan penambahan getah pepaya tidak berpengaruh nyata (P>0,05) pada air, berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar protein dan lemak, dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai pH. Nilai protein tertinggi didapat pada penyimpanan hari ke 5 yakni 19,49% , kandungan air terendah diperoleh pada peyimpanan hari ke 5 yakni 56,82%, nilai lemak terendah diperoleh pada penyimpanan hari ke 0 yakni 7,05%, dan nilai pH teredah diperoleh pada penyimpanan hari ke 5 yakni 5,57.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan nilai protein kasar, lemak kasar, kadar air, dan pH keju lunak dengan penambahan getah pepaya (carica papaya) dibandingkan dengan perlakuan kontrol serta lama penyimpanan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2018 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) untuk pembuatan keju lunak, Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi untuk perbanyakan starter-culture, dan Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak untuk uji kimiawi Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 liter susu kerbau segar dengan pemberian getah pepaya sebanyak 2 ml per perlakuan. Data hasil penelitian ini akan dianalisis menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial dengan 3 kali ulangan untuk setiap perlakuan dan lama penyimpan ( 0 , 3 , 5 hari) dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS v.22. Data hasil analisis menunjukkan penambahan getah pepaya tidak berpengaruh nyata (P>0,05) pada air, berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar protein dan lemak, dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai pH. Nilai protein tertinggi didapat pada penyimpanan hari ke 5 yakni 19,49% , kandungan air terendah diperoleh pada peyimpanan hari ke 5 yakni 56,82%, nilai lemak terendah diperoleh pada penyimpanan hari ke 0 yakni 7,05%, dan nilai pH teredah diperoleh pada penyimpanan hari ke 5 yakni 5,57.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:00
Last Modified: 11 Apr 2019 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item View Item