PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GAS LPG TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER (SUZUKI SHOGUN)

JAMALUDIN, JAMALUDIN (2011) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GAS LPG TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN BENSIN EMPAT LANGKAH SATU SILINDER (SUZUKI SHOGUN). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER SKRIPSI F1C 003003.doc
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB I,II,III,IV,V,DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pencemaran udara di kota-kota besar telah menyebabkan menurunnya kualitas udara sehingga mengganggu kenyamanan dan bahkan menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan. Menurunnya kualitas udara tersebut terutama disebabkan penggunaan bahan bakar fosil. Penggunaan gas LPG sebagai bahan bakar alternatif yang paling prospektif dikembangkan untuk kendaraan yang bertujuan mengurangi kadar polusi udara yang berasal dari emisi gas buang kendaraan. Dalam penelitian ini proses penyemprotan bahan bakar menggunakan sistem pemasukan bahan bakar gas LPG ke dalam ruang bakar yang terdiri dari pemasukan gas LPG sebelum karburator dan sesudah karburator. Sistim penyemprotan bahan bakar gas LPG akan dibandingkan dengan bahan bakar bensin dengan menggunakan karburator standar. Kendaraan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepeda motor Suzuki Shogun tahun 1996 yang diuji dalam keadaan diam dan pembebanan pada transmisi empat dengan variasi putaran 1500 rpm, 2500 rpm, dan 3500 rpm. Parameter yang yang diamati adalah emisi gas buang yang terdiri dari CO, CO2, HC dan nilai konsumsi bahan bakar (FC). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan dengan jelas bahwa dengan menggunakan gas LPG sebagai bahan bakar kendaraan akan menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Penurunan yang terjadi terhadap konsumsi bahan bakar sebesar 67,35 % dan penurunan emisi CO pada putaran 2500 rpm sebesar 6,68 % , pada putaran 3500 rpm sebesar 91,08 %, peningkatan CO2 pada putaran 3500 rpm sebesar 48,61 %, penurunan HC pada putaran 3500 sebesar 83,98%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Emisi Gas Buang, Gas LPG, Pemasukan bahan bakar, Konsumsi bahan bakar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:05
Last Modified: 29 Apr 2019 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item