Umar, Zaed (2011) REDUKSI MINYAK SOLAR DENGAN PENAMBAHAN BAHAN BAKAR GAS DARI PEMANASAN METANOL DAN AIR PADA MOTOR DIESEL (SOLAR-GAS). S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
ABSTRAK.doc Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
BAB I.doc Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
BAB II.doc Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
BAB III.doc Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
BAB IV.doc Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
LAMPIRAN A.doc Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
Daftar isi.doc Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
LAMPIRAN B.doc Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
Abstract
Dunia sudah mengalami defisit bahan bakar minyak dan indonesia sudah menjadi nett inporter minyak sejak tahun 2005. Kebutuhan energi nasional 60% berasal dari minyak. Melihat permasalahan tersebut, warga negara harus menghemat konsumsi minyak. Sistem pembakaran ganda ( solar-gas) dapat mereduksi konsumsi bahan bakar solar. Larutan metanol dan air dapat menjadi bahan bakar gas melalui pemanasan. Kualitas dan kuantitas gas yang dihasilkan dipengaruhi oleh : panas yang diberikan, katalis, komposisi dari metanol dan air, dan model reaktor. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian pada mesin diesel multisilinder type 4D56 dengan pembebanan generator. Pembuatan gas dilakukan dengan dua variasi utama yaitu penggunaan katalis dan tanpa katalis. Katalis yang digunakan adalah katalis tembaga. Campuran metanol dan air divariasikan yaitu metanol 90% dan metanol 70%. Pemanasan dilakukan pada temperatur 400oC dengan debit pompa 0,628 ml/s. Pengujian pada mesin diesel dilakukan dengan 3 variasi beban 0, 3, 5,4 kW. Metanol 90% memberikan reduksi terbesar dengan nilai 0,0389 l/mnt pada pengujian menggunakan katalis dan pada beban 5,4 kW. Metanol 90% memberikan persentase reduksi terbesar dengan nilai 30,10% pada pengujian menggunkan katalis dan pada beban 0 kW.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Motor diesel, metanol dan air, katalis,bahan bakar gas, reduksi solar. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Imran SE |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 07:05 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 07:05 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13667 |
Actions (login required)
View Item |