REDUKSI MINYAK SOLAR DENGAN PENAMBAHAN BAHAN BAKAR GAS DARI PEMANASAN METANOL DAN AIR PADA MOTOR DIESEL (SOLAR-GAS)

Umar, Zaed (2011) REDUKSI MINYAK SOLAR DENGAN PENAMBAHAN BAHAN BAKAR GAS DARI PEMANASAN METANOL DAN AIR PADA MOTOR DIESEL (SOLAR-GAS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN A.doc
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
Daftar isi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN B.doc
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

Dunia sudah mengalami defisit bahan bakar minyak dan indonesia sudah menjadi nett inporter minyak sejak tahun 2005. Kebutuhan energi nasional 60% berasal dari minyak. Melihat permasalahan tersebut, warga negara harus menghemat konsumsi minyak. Sistem pembakaran ganda ( solar-gas) dapat mereduksi konsumsi bahan bakar solar. Larutan metanol dan air dapat menjadi bahan bakar gas melalui pemanasan. Kualitas dan kuantitas gas yang dihasilkan dipengaruhi oleh : panas yang diberikan, katalis, komposisi dari metanol dan air, dan model reaktor. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian pada mesin diesel multisilinder type 4D56 dengan pembebanan generator. Pembuatan gas dilakukan dengan dua variasi utama yaitu penggunaan katalis dan tanpa katalis. Katalis yang digunakan adalah katalis tembaga. Campuran metanol dan air divariasikan yaitu metanol 90% dan metanol 70%. Pemanasan dilakukan pada temperatur 400oC dengan debit pompa 0,628 ml/s. Pengujian pada mesin diesel dilakukan dengan 3 variasi beban 0, 3, 5,4 kW. Metanol 90% memberikan reduksi terbesar dengan nilai 0,0389 l/mnt pada pengujian menggunakan katalis dan pada beban 5,4 kW. Metanol 90% memberikan persentase reduksi terbesar dengan nilai 30,10% pada pengujian menggunkan katalis dan pada beban 0 kW.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motor diesel, metanol dan air, katalis,bahan bakar gas, reduksi solar.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:05
Last Modified: 29 Apr 2019 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item