REDUKSI BRAKE SPECIFIC FUEL CONSUMPTION MELALUI OPTIMALISASI MASSA CONNECTING ROD BERBASIS METODE SIMULASI

Rahardjo, Bismo Wibowo (2010) REDUKSI BRAKE SPECIFIC FUEL CONSUMPTION MELALUI OPTIMALISASI MASSA CONNECTING ROD BERBASIS METODE SIMULASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hal. Judul.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
Abstrak.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Hal. Pengshan 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
Ucpn Trima Ksh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
BAB I. Pendahuluan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
BAB II. Dasar Teori.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III. Metode Pen..docx
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV. Hasil & Pmb..docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V. Kes & Srn.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Pust..docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Berbagai negara di dunia beberapa dekade ini menggantungkan sumber energinya kepada minyak bumi. Minyak bumi merupakan sumber daya alam tidak terbarukan, sehingga jika terus menerus dikonsumsi maka keberadaannya akan semakin langka (oil crisis), oleh karena itu perlu dilakukan usaha konservasi terhadap minyak bumi tersebut. Untuk Indonesia konservasi diutamakan melalui penghematan konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor (fuel efficiency) terutama pada sepeda motor. Salah satu upaya penghematan tersebut dari bidang Rekayasa Perancangan dan Manufaktur (RPM) adalah melalui reduksi massa komponen kendaraan bermotor, oleh karena itu penelitian kali ini mencoba untuk melakukan reduksi massa pada suatu komponen kendaraan bermotor, tepatnya pada connecting rod sepeda motor bermerk Honda Vario CBS Techno. Pada penelitian ini reduksi massa connecting rod dilakukan dengan tetap mempertimbangkan kemanan design terhadap kegagalan material (material failure). Keamanan design yang diperhitungkan dalam peneltian ini dilandaskan pada Factor of Safety (FOS) yang ditinjau dari kondisi quasi statis. Efek peningkatan fuel efficiency diperhitungkan melalui kriteria Brake Specific Fuel Consumption (BSFC). Penentuan nilai FOS dan BSFC yang dimaksud di atas dilakukan menggunakan metode simulasi. Dari hasil penelitian, mampu dihasilkan model connecting rod optimal, dimana memiliki massa yang lebih ringan dibandingkan connecting rod inisialnya, serta memenuhi nilai FOS minimum izin, yaitu sebesar 4,6 untuk pembebanan tarik dan 2,55 untuk tekan. Connecting rod optimal tersebut mampu pula mereduksi BSFC sebesar 6 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penelitian, sumber daya alam
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:40
Last Modified: 29 Apr 2019 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13674

Actions (login required)

View Item View Item