“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LIMIT FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2016/2017”

MUHIMAH, MUHIMAH (2019) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LIMIT FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2016/2017”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi MUHIMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Kuripan. Hal ini karena model pembelajaran yang digunakan membuat siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan sulit memahami materi pelajaran matematika. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kuripan Tahun Ajaran 2016/2017 dalam pembelajaran matematika pada materi limit fungsi. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan 1 pertemuan untuk evaluasi hasil belajar. Adapun tahapan yang akan dilaksanakan pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Data aktivitas siswa didapatkan melalui observasi dan data prestasi belajar siswa didapatkan dari kegiatan evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Dari hasil penelitian didapatkan skor aktivitas belajar siswa siklus I pada pertemuan 1 yaitu 10,34 dengan kategori cukup aktif dan pada pertemuan 2 yaitu 12,67 dengan kategori aktif. Sedangkan skor aktivitas siswa siklus II pada pertemuan 1 yaitu 13,65 dengan kategori sangat aktif dan pada pertemuan 2 yaitu 15,33 dengan kategori sangat aktif. Dari data tersebut terlihat bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas beljar siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar didapatkan rata-rata nilai pada siklus I yaitu 70,24 dengan ketuntasan klasikalnya adalah 58,62% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai yaitu 82,03 dengan ketuntasan klasikalnya adalah 86,20%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi limit fungsi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kuripan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas belajar, Prestasi Belajar, Limit Fungsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:40
Last Modified: 29 Apr 2019 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13684

Actions (login required)

View Item View Item